20 Tools Blogging Untuk Membantu Kegiatan Blogging Anda 20 Tools Blogging Untuk Membantu Kegiatan Blogging Anda - Blog Manado - Tutorial Web Design

20 Tools Blogging Untuk Membantu Kegiatan Blogging Anda

20 Tools Blogging Untuk Membantu Kegiatan Blogging Anda
Share
Selama anda menjalani kegiatan bloggging, pastilah anda banyak di mudahkan oleh tools-tools blogging baik yang free maupun yang premium. Banyak sekali tools-tools blogging yang bisa anda gunakan untuk membantu kegiatan blogging anda, tapi anda harus bisa memilih tools yang benar-benar efisien dan efektif dari segi fungsionalnya. Maksudnya tidak sulit digunakan dan anda merasa sangat terbantu oleh tools tersebut.

blogger vs wp 20 Tools Blogging Untuk Membantu Kegiatan Blogging Anda

Saya pun seperti itu, saya selalu mencari tools-tools untuk menunjang kegiatan blogging saya yang secara fungsional sangat membantu. Berikut tools-tools blogging bisa anda gunakan untuk kepentingan kegiatan anda dalam dunia blogging.

Feed Reader

Feed reader adalah tools untuk membaca artikel sebuah blog melalui feed blog tersebut, sehingga kita
tidak perlu berkunjung ke blog yang bersangkutan untuk membaca artikel terbarunya. Namun walaupun saya sudah menggunakan feed reader ini, saya tetap berkunjung dan berkomentar. Ada beberapa feed reader yang bisa anda coba :
  1. Google Reader Google reader adalah salah satu fasilitas gratis dari google, anda hanya tinggal login menggunakan akun google anda, kemudian anda sudah bisa memasukan daftar feed blog-blog yang anda mau.
  2. Feedly Feedly adalah sebuah add ons Firefox, untuk penjelasan lebih detil bisa anda baca di sini
  3. FeedDemon Inilah sebuah software feed reader yang saya gunakan selama ini, saya cukup nyaman menggunakannya, selain navigasi yang mudah, dengan feedDemon ini kita bisa berselancar mengunjungi blog teman-teman tanpa harus membuka browser. Penjelasan feedDemon bisa anda baca di blognya bli Budiastawa.

Source Code Editor

Source code editor adalah tools untuk membuat/mengedit kode-kode, baik itu kode HTML, CSS maupun Javascript. Ada beberapa tools gratis yang bisa anda gunakan, premium juga ada sih sebenarnya tapi bajakan
  1. Notepad ++ Notepad++ sudah lama sekali saya menggunakan tools ini, awal mula saya belajarcoding menggunakan Dreamweaver, tapi selain dreamweaver itu tools premium, dengan keadaan laptop saya yang masih menggunakan Intel Celeron, cukup berat ketika digunakan. Ketika mencoba notepad++ lebih enteng, akhirnya saya jadi ketagihan menggunakan notepad++.
  2. NetBeans IDE 6.9.1Saya sangat mengagumi software yang satu ini, dari plugin, community, tutorial semuanya ada dan lengkap sehingga memudahkan kita untuk menggunakan software tersebut. Tapi sayangnya saya bisa menggunakan software ini bila sedang di warnet atau di kompi teman saja, karena cukup berat bila di gunakan di laptop saya
  3. jEdit Untuk tools yang satu ini saya belum pernah mencobanya, tapi sepertinya cukup bagus berhubung jEdit ini di sandingkan dengan notepad++ di sebuah situs Code Editor.

Tempat Penyimpanan File -  Sharing File

Tempat penyimpanan file disini maksudnya, tempat anda menyimpan file yang bisa di download oleh pembaca/pengujung blog anda(sharing file).  Namun ingat, bukan tempat sharing file seperti Rapidshare, ziddu atau 4share yang mengharus pen-download reguler menunggu selama waktu yang ditentukan. Ada 2 tempat penyimpanan file yang biasa saya gunakan.
  1. Box.net Box.net adalah tempat sharing file yang aman dan nyaman, mengapa nyaman ? karena tidak ada waktu menunggu ketika ada yang mau mendownload file anda. Selain itu box.net ini sudah support HTML 5, anda hanya tinggal drag file anda menuju situs box.net tersebut. Keren deh !
  2. Dropbox(referall link) Dropbox prinsipnya sama seperti dengan box.net, tapi ada yang menarik, mengapa saya menyisipkan link referall ? Ketika anda mendaftarkan diri di dropbox maka anda akan langsung mendapatkan space 2 Gb untuk menyimpan file anda, namun apabila ada yang mendaftar di bawah link anda, anda akan mendapatkan space tambahan sebesar 250mb untuk 1 orang pendaftar di bawah link anda, so, anda mau daftar melalui link saya atau pun tidak, tidak menjadi masalah buat saya  .

Tempat Menyimpan Username dan Password

Saya yakin bila anda seorang blogger aktif maupun seorang pebisnis online aktif pastilah memiliki banyak akun yang menggunakan username dan password. Apakah anda mengingat semua username dan password dari masing-masing akun yang berbeda tersebut ? Kalo anda termasuk seseorang yangpelupa sebaiknya anda menggunakan tools tambahan untuk menyimpan seluruh username dan password anda. Ada 2 tools yang saya tahu dan patut untuk di coba :
  1. Mitto Mitto adalah tools online tempat anda menyimpan username dan password anda secara aman. Sudah lama saya menggunakan ini, sangat bermanfaat sekali, apalagi ketika saya berselancar/berinternet di warnet atau menggunakan kompi teman. Proses login ke semua akun saya, baik itu email, blog dll tidak tersendat karena lupa username atau password.
  2. KeePass KeePass ini adalah sebuah software penyimpan password, sebenarnya sih setelah saya coba sama seperti mitto, bisa menyimpan username juga. Software ini baru saya pakai kemarin, untuk mengetahui lebih jauh mengenai software ini silahkan anda baca di blognyahakkyrohman.com, karena saya pun tahu software ini dari blog beliau.

Social Media

Tools social media tentu sangatlah penting untuk anda yang candu akan gemerlap dunia social media(lebay). Tools untuk social media ini sangatlah beragam, dari mulai menggunakan aplikasi adobe air, software chat yang bisa multi fungsi sebagai social media tools, add ons firefox, extension chrome, dll. Berikut beberapa tools untuk menunjang jenjang karir anda di dunia social media  :
  1. Echofon Echofon ini adalah add ons firefox yang fungsinya agar anda bisa selalu mengtahui perkembangan twitter anda tanpa harus membuka situs twitternya. Salah satu tools favorit saya
  2. 5 aplikasi adobe air untuk maniak twitter dan Facebook Sudah di tulis oleh sahabat saya, kakak saya mba nunik, silahkan anda baca di blognya beliau.
  3. Digsby Digsby ini menurut saya salah satu tools yang sangat lengkap. Dengan digsby anda bisa membuka Yahoo Messengger, facebook, twitter dan masih banyak lagi. Bisa anda baca di situs resminya untuk lebih jelasnya.
  4. NimBuzz Tidak jauh berbeda dengan digsby, tapi saya belum pernah menggunakan ini. Silahkan bila ingin mencobanya

Tools Mengecek Backlink

Anda bisa menggunakan beberapa tools di bawah ini untuk mengecek backlink blog anda.
  1. Backlinkwatch Biasanya saya cek backlink disini, tapi terkadang situs ini error begitu di buka.
  2. Analyzebacklinks Prinsipnya sama saja dengan backlinkwatch.
  3. Popuri.us Sangat lengkap menurut saya, alexa, google backlink, yahoo backlink dll. Silahkan anda coba.

Tools Mengecek Virus Di Blog

Ada beberapa tools untuk mengecek apakah ada virus atau tidak di blog anda, namun sayangnya untuk membasmi virus-virus bila ada pada blog, belum saya temukan caranya. Mungkin teman-teman ada yang mengetahui caranya ? Berikut tools untuk mengecek virus di blog :
  1. AVG Online Web Page Scanner
  2. URLVoid
  3. Online Link Scan
Semoga 20 tools blogging yang sudah saya tuliskan diatas dapat membantu kegiatan blogging anda. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel