Cara Install Joomla Manual Cara Install Joomla Manual - Blog Manado - Tutorial Web Design

Cara Install Joomla Manual

Cara Install Joomla Manual
Share

Kali ini saya akan berbagi pengetahuan saya yang masih sedikit mengenai Tutorial Joomla. Tutorial Joomla kali ini akan memandu temen-temen langkah demi langkah tentang cara  Installasi Joomla secara Manual, Installasi Joomla akan lebih mudah lagi dikerjakan  dengan menggunakan software  auto-installer seperti fantastico, anda dapat melihat panduannya di artikel saya yang lain mengenai Cara Install Joomla Via Fantastico. Namun tidak semua hosting menyediakan fasilitas auto installer maka dari itu digunakan jalan alternatif lain dengan cara menginstall Joomla secara manual.

Untuk menginstall joomla secara manual ikuti langkah-langkah berikut ini :
  1. Buat database MySQL untuk instalasi Joomla anda dan menambahkan user baru . Hal ini dapat dilakukan dengan mudah dengan cPanel dengan mengikuti tutorial database MySQL .  Jika Anda tidak menggunakan cPanel Anda bisa merujuk ke manual MySQL tentang cara membuat database dan cara menambahkan pengguna(user) untuk hal ini.
  2. Buat folder bernama upload pada komputer Anda.
  3. Download file. Zip dengan versi terbaru ke folder upload dan ekstrak di sana.
  4. Upload semua isi dari folder upload ke direktori pada server di mana Joomla 1.5 akan diinstal.  Saya  rekomendasikan agar menggunakan FTP untuk meng-uploadnya.
  5. Ini akan baik http://your_domain_name.com atau subdirektori seperti http://your_domain_name. com/ example.
  6. Anda akan diarahkan ke halaman instalasi Joomla. Pada halaman pertama installasi anda di haruskan untuk memilih bahasa installasi.
  7. Notebahasa yang dipilih hanya berlaku selama proses installasi. setelah Joomla di install akan kembali ke bahasa inggris.
  8. Joomla akan melakukan pemeriksaan system. apabila gagal memenuhi persyaratan atau rekomendasi fungsional akan menyebabkan masalah keamanan nantinya.
  9. Maka dari itu cermati persyaratannya terlebih dahulu, berikut screenshot persyaratan Joomla 1.5 yang harus dipenuhi :
  10. Setelah anda yakin bahwa semua persyaratan sudah terpenuhi, selanjutnya klik [Next] yang terdapat di pojok kanan atas.
  11. Berikutnya anda harus menerima lisensi dari joomla itu, dan klik [Next ] untuk melanjutkannya.
  12. Pada halaman berikutnya anda akan di minta untuk memasukkan rincian data MySQL anda, apabila anda kesulitan di bagian ini, Berikut adalah gambar yang memberikan contoh apa yang harus dimasukkan, ini hanyalah contoh semuanya sesuaikan dengan data mySQL anda.
  13. Berikutnya anda harus mengkonfigurasi FTP. pilih saja ke pengaturan default, dan klik [next] yang terdapat pada menu sebelah kanan di bagian atas.
  14. Halaman yang muncul selanjutnya merupakan langkah terakhir untuk menyelesaikan installasi Joomla, yang akan meminta alamat email dan password admin, klik [Next] untuk melanjutkan.
  15. Note: dalam contoh di atas kita tidak menggunakan opsi install sampel data karena dapat menyebabkan kebingungan dan membutuhkan waktu untuk menghapus semua data
  16. Di halaman terakhir dari instalasi wizard Anda akan menerima konfirmasi bahwa Joomla telah berhasil diinstal. sebelum anda dapat mengakses Joomla 1.5 anda harus menghapus direktoriinstallasi terlebih dahulu
Proses instalasi Joomla sudah selesai dan anda bisa langsung tulis artikel pertama anda. Demikian tadi langkah-langkah cara install Joomla secara manual. Jika ada temen-temen yang lebih mendalami tentang Joomla saya mohon diajari. Semoga bermanfaat.............

0 Response

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel