Inilah Cara Membuat Template Blog Sendiri Mulai dari Awal sampai Jadi Master

Membuat Template Blog atau Webside Sendiri Itu Butuh Skills, Wawasan, Waktu, Tenaga, Pikiran.

JIKA Anda ingin menggunakan template blog tanpa link credit, maka membeli template premium adalah langkah praktis. Namun, jika "males" beli template, meski template blog itu relatif murah, rata-rata 10-20 dolar saja (sekitar Rp100-200 ribuan), maka membuat template blog sendiri adalah solusinya.

Caranya?


Tunggu dulu. Kita harus faham dulu kode-kode yang digunakan membuat template. Terdiri dari tiga bagian:

1. HTML
2. CSS
3. Script

HTML singkatan dari HyperText Markup Language, yaitu bahasa markup standar yang digunakan untuk membuat halaman web. Kita bisa belajar di HTML Introduction.

CSS itu Cascading Style Sheets, merupakan aturan untuk mengendalikan beberapa komponen dalam sebuah web sehingga akan lebih terstruktur dan seragam. Selengkapnya bisa baca-baca di CSS Tutorial.

Script merupakan bahasa pemrograman. Selengkapnya bisa dibaca di Script in HTML.
Makanye, hargailah para desainer template. Jangan hapus credit link mereka di blog Anda!

Kita akan merasakan betul betapa nge-desain template itu butuh waktu, tenaga, pikiran, dan... skills! Orang-orang mah sampai kuliah jurusan teknik informatika lho untuk mendalamai kode-kode itu.

Cara Membuat Template Blog Sendiri

Tips ini sekadar pengantar aja. Kalo cuma nganter, 'kan bisa sampai pintu doang, setelah itu silakan yang diantarkan masuk sendiri. Yang nganter balik lagi, masih ada kesibukan lain... he he..

1. Masuk ke Dashboard Blog
2. Klik Template > Edit HTML
3. Select All dan HAPUS SEMUA kode yang ada di template bawaan blogger.

Setelah itu, silakan menuju ke TKP untuk panduan detail dan lengkap:
Blogger Template Desain Scratch Bagian Widget - Edisi Satu
Blogger Template Desain Scratch Bagian Widget - Edisi Dua

Yang bahasa Indonesia ada 'gak? Ada... Ini dia: Inilah Cara Membuat Template Blog Sendiri Mulai dari Awal sampai Jadi Master.

Nah... langsung saja dengan caranya. (http://contohnamablog.blogspot.com).*

Daftar Isi [hide]
1 Apa itu Blog?
2 Kenapa ngeblog?
3 Dari mana harus memulai?
4 Kesalahan yang sering dilakukan blogger pemula
5 Memulai mengembangkan blog
6 Menghasilkan uang dari blog
7 Kesimpulan

Mas, ajarin ngeblog dong!
Mas, gimana sih caranya ngeblog?
Mas, saya kepengin ngeblog, harus mulai dari mana ya?
Mas, saya kepengin ngeblog tapi nggak tahu harus ngapain?

Di atas adalah pertanyaan-pertanyaan yang paling sering saya dapatkan melalui email, facebook, SMS, WhatsApp, BBM, dan apa aja.

Jujur saya agak bingung ketika mendapatkan pertanyaan-pertanyaan tersebut, karena untuk menjawabnya nggak cukup hanya dengan satu atau dua kalimat aja, tapi butuh panduan super lengkap dari awal sampai akhir.

Nah itulan alasan kenapa saya membuat postingan ini. Pada postingan ini saya ingin sedikit berbagi pengalaman saya selama menjadi seorang blogger khusus untuk sobat yang mungkin mempunyai pertanyaan yang sama seperti di atas.

Apa yang saya tulis di bawah ini adalah hasil dari apa yang saya pelajari selama lebih dari 6 tahun ngeblog. Meskipun belum bisa dibilang berpengalaman banget, tapi nggak ada salahnya jika saya membagikan apa yang sudah saya pelajari.

Tanpa banyak kata, silakan baca dari awal sampai akhir.

Apa itu Blog?

Jika sobat bener-bener baru dalam dunia blog, maka kemungkinan sobat masih belum begitu paham apa itu blog.

Di internet sebenernya sudah banyak artikel-artikel yang membahas apa itu blog, tapi di sini saya akan memberikan penjelasan gampangnya saja.

Blog adalah satu dari sekian banyak jenis website yang ada di internet.

Contoh jenis website yang ada di internet adalah:

Portal berita (contohnya: detik.com, kompas.com, dll.)
Social Networking (contohnya: facebook.com. twitter.com, dll.)
Search Engine (contohnya: google.com, yahoo.com, dll.)
Forum (contohnya: kaskus.co.id, ads.id, dll.)
Toko Online (contohnya: bhinneka.com, lazada.co.id, dll.)
BLOG (contohnya: fokusmanado.com, manadoupdate.com, cerdasmanado.blogspot.com, DLL.)

Terus apa bedanya blog dengan jenis website yang lain?

Jawabannya: BEDANYA BANYAK…

Satu hal yang paling membedakan antara blog dengan jenis website yang lain adalah fungsi dari blog itu sendiri.

Fungsi utama dari blog pada awalnya adalah untuk memudahkan orang menulis catatan pribadi di internet.

Tapi saat ini blog sudah memiliki banyak fungsi. Mulai dari sebagai tempat catatan pribadi, tempat berbagi opini dan informasi, untuk keperluan politik, sampai untuk keperluan bisnis.


Kenapa ngeblog?

Sekarang mungkin sobat bertanya-tanya:

Apa yang bisa saya dapatkan jika saya ngeblog?

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa sobat dapatkan jika menjadi seorang blogger :

1. Menjadi seorang penulis hebat

Jujur saja, awal pertama kali saya mengenal blog saya termasuk orang yang tidak begitu bisa menulis. Untuk sekedar menulis satu kalimat saja saya begitu kesulitan.

Hal yang wajar mengingat latar belakang saya dulu memang bukan orang yang bependidikan, hanya tamatan SMP yang gak pinter-pinter amat, masih pinteran si amat tetangga sebelah.

Tapi semenjak menjadi seorang blogger, sedikit demi sedikit saya mulai bisa menulis dengan lancar. Meskipun tidak bisa dibilang bagus, tapi menurut saya itu sudah sangat luar biasa.

Nah jika sobat sendiri adalah orang yang hobi menulis, maka saya yakin jika sobat ngeblog kemampuan menulis sobat akan meningkat dan bukan tidak mungkin bisa menjadi seorang penulis yang hebat.

2. Membantu orang lain

Manfaat ngeblog juga bukan sekedar untuk kita sendiri, karena dari blog kita juga bisa membantu orang lain dengan pengetahuan ataupun ilmu yang kita miliki.

Nggak ada hal lain yang lebih menyenangkan dari ngeblog selain bisa membantu sesama.

3. Membangun kepercayaan di internet

Ketika kita bisa membantu sesama melalui blog maka kita akan diberi kepercayaan oleh pembaca blog kita karena telah memberikan informasi yang berguna bagi mereka.

Memang apa sih pentingnya kepercayaan?

Saya yakin sobat tahu jika dunia online semakin berkembang. Pengguna internet setiap hari terus bertambah dan semakin banyak orang-orang yang mulai mengembangkan bisnisnya ke dunia online.

Salah satu kunci kesuksesan bisnis online adalah kepercayaan. Nah, blog adalah tempat yang tepat untuk membangun kepercayaan tersebut.

4. Membangun Jaringan

Manfaat lain adalah kita bisa dengan mudah membangun jaringan melalui blog. Jika blog kita secara konsisten diisi dengan tulisan-tulisan yang bermanfaat sesuai dengan keahlian kita, maka akan semakin banyak pembaca setia yang rajin mengunjungi blog kita.

Jika kita sudah punya kepercayaan dan juga jaringan yang luas di internet, maka akan sangat mudah untuk mengembangkan bisnis di internet.

5. Menghasilkan Uang

Yang terakhir tentu saja bahwa blog juga bisa menjadi tempat sumber penghasilan. Bagaimana caranya? akan saya jelaskan lebih detail di bawah.

6. Masih banyak lagi…


Dari mana harus memulai?

Memulai ngeblog itu sebenarnya sangatlah mudah, tapi kebanyakan orang dibuat bingung oleh dirinya sendiri.

1. Tentukan tujuan

Apakah tujuan ngeblog itu penting? Sangat penting. Jika kita tidak memiliki tujuan maka sudah pasti blog kita nantinya akan tidak jelas arah tujuannya akan kemana, dan kita juga menjadi tidak konsisten dalam mengurus blog kita.

Ngeblog itu butuh waktu, tenaga, dan pikiran. Jangan sampai semuanya terbuang sia-sia karena tidak memiliki tujuan yang jelas.

2. Tentukan topik

Pilihlah topik yang benar-benar sobat minati sesuai dengan hobi atau keahlian sobat. Jika sobat memilih topik yang sobat sendiri tidak begitu suka, maka blog sobat tidak akan bertahan lama.

3. Pilih layanan ngeblog

Banyak sekali layanan yang dapat kita gunakan untuk ngeblog, seperti Blogger.com, WordPress.com, Tumblr.com, dan lain sebagainnya. Semuanya punya kelebihan serta kekurangannya tersendiri. Tapi menurut saya Blogger.com adalah pilihan tepat buat sobat. Selain karena gratis, blogger.com sangat mudah digunakan untuk pemula.

Silakan kunjungi DI SINI untuk membaca tutorial ngeblog di blogger.com.

4. Mulai menulis
Jika sobat sudah memiliki blog maka yang paling penting adalah mengisi blog sobat dengan tulisan. Mulailah menulis apa saja yang ingin sobat tulis sesuai dengan topik yang sudah sobat tentukan.

5. Mempercantik blog
Hal yang sebenernya tidak begitu penting dilakukan oleh blogger pemula tapi gak ada salahnya kalo dilakukan asal tidak berlebihan.

Sobat bisa mengganti template atau tampilan blog sobat dengan yang lebih bagus, memasang widget-widget agar semakin indah dipandang, dan lain-lain. Tapi ingat! jangan berlebihan karena kebanyakan blogger pemula ketagihan gonta-ganti template atau tampilan yang akhirnya hanya membuang-buang waktu.


Setelah sobat tahu bagaimana memulai ngeblog, maka sebaiknya sobat menyimak beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh blogger pemula agar sobat tidak perlu melakukan hal yang sama berikut ini:

1. Terlalu sibuk dengan tampilan
Seperti yang sudah saya singgung sedikit di atas, kesalahan yang hampir dilakukan oleh kebanyakan blogger pemula adalah terlalu sibuk dengan tampilan blog. Gonta-ganti template, pasang-copot widget, dll.

Memiliki tampilan blog yang keren memang bagus, tapi yang akan membuat blog sobat menjadi besar dan dikenal banyak orang bukanlah karena tampilan, tapi karena konten sobat sobat sajikan di blog.

2. Mementingkan kuantitas daripada kualitas
Blogger pemula biasanya berlomba-lomba untuk mengisi blognya dengan tulisan sebanyak mungkin dengan harapan bisa dengan cepat mendapatkan banyak pengunjung tanpa mempedulikan apakah postingannya hasil nulis sendiri atau hasil jiplak tulisan blogger lain.

3. Terlalu banyak membaca informasi tapi minim praktek
Sebagai seorang blogger pemula biasanya rasa keingintahuannya sangat besar. Baca ini baca itu sampai kepalanya penuh dengan informasi dan bingung yang mana yang harus dipraktekan.Lebih baik sedikit informasi tapi benar-benar dipraktekan daripada kebanyakan informasi tapi sama sekali tidak digunakan.

4. Tidak konsisten
Di awal-awal sangat rajin mengupdate posting secara rutin setiap hari, tapi setelah itu tiba-tiba menghilang entah kemana. Mengupdate blog secara rutin memang sangat bagus, tapi konsistensi menurut saya jauh lebih penting.

5. Membahas terlalu banyak topik
Apakah masalah kalo membahas banyak topik? sama sekali tidak. Tapi yang pasti blog sobat akan sulit berkembang, tidak memiliki keunikan, tidak memilki jati diri, dan akan sulit mendapatkan pembaca setia.

6. Terlalu terobsesi dengan statistik blog
Seorang blogger pemula biasanya akan sangat rajin mengecek jumlah pengunjung, ranking alexa, pagerank, dan lain sebagainya. Sehari bisa mengecek sampai ratusan kali. Padahal hal tersebut tidak akan membantu menambah jumlah pengujung blog sobat dan hanya akan membuang-buang waktu.

7. Membuat terlalu banyak blog
Jujur cukup blogger-blogger yang sudah berpengalaman yang mengelola banyak blog, puluhan bahkan sampai ratusan. Tapi khusus bagi pemula sangat tidak disarankan membuat terlalu banyak blog karena akan membuat tidak fokus.

Meskipun sobat bukan lagi pemula saya rasa mengelola banyak blog bukanlah sebuah keharusan. Semua tergantung dari tujuan sobat. Jika sobat ingin membuat blog agar bisa populer dan bertahan lama, maka tidak ada alasan untuk mengelola banyak blog.

8. Terlalu berambisi mendapatkan uang secara cepat
Tidak bisa dipungkiri banyak blogger yang memulai ngeblog karena ingin mendapatkan uang. Mereka beranggapan mendulang uang dari blog bisa dilakukan dalam waktu semalam, padahal tidak demikian. Butuh waktu, usaha dan konsistensi.

Saya sendiri baru bisa menghasilkan uang setelah dua tahun ngeblog. Waktu yang cukup lama memang mengingat saya memulai benar-benar dari nol. Sobat mungkin bisa lebih cepat atau lebih lama. Yang jelas butuh waktu, usaha dan konsistensi.

9. Tidak memanfaatkan mesin pencari Google dengan maksimal
Jangankan cuma masalah blog, informasi apapun bisa kita temukan dengan mudah di google. Jadi manfaatkanlah Google dengan baik untuk belajar ngeblog.

Memulai mengembangkan blog


Jika kita sudah mempunyai blog dan beberapa konten di dalamnya, selanjutnya tentu saja kita ingin agar blog kita memiliki banyak pembaca atau pengunjung. Nah di sinilah kita mulai malakukan yang namanya promosi, mulai mengenal yang namanya SEO dan tetek bengeknya.

1. Tetap fokus ke konten
Konten sampai kapanpun akan tetap menjadi faktor utama kesuksesan sebuah blog. Buatlah konten yang benar-benar berkualitas. Seperti apa itu konten berkualitas :

Dicari oleh pembaca
Unik, berbeda, dan original
Berguna dan bermanfaat

2. SEO
SEO atau Search Engine Optimization adalah usaha untuk mengoptimalkan blog kita pada mesin pencari. Jika sobat menginginkan blog sobat mendapatkan banyak pengunjung dari mesin pencari maka mau tidak mau sobat harus berurusan dengan SEO.

Tapi sobat tidak perlu benar-benar menjadi ahli SEO untuk bisa mendaptakan pengunjung dari mesin pencari. Cukup menggunakan pemahaman SEO dasar saya rasa sudah cukup untuk membantu meningkatkan trafik blog sobat dari mesin pencari.

Saya sangat merekomendasikan sobat untuk membaca panduan SEO pemula dari Google. Panduan SEO ini berbentuk file .pdf dan bisa sobat download DI SINI.

2. Blogwalking
Blogwalking secara sederhana adalah kegiatan berkujung ke blog orang lain sambil meninggalkan komentar. Blogwalking adalah cara lama yang sering dilakukan oleh blogger pemula untuk mandapatkan pengujung, tapi sampai sekarangpun cara tersebut masih tetap efektif.

Selain mendapatkan pengujung blogwalking juga memiliki banyak manfaat lain, diantaranya:

Menjalin ikatan silaturahmi sesama blogger
Mendapatkan backlink yang merupakan salah satu faktor terpenting SEO
Mendapatkan ide atau inspirasi
dan lain-lain
3. Media Sosial
Tidak bisa dipungkiri saat ini kebanyakan orang menghabiskan waktunya di media sosial. Manfaatkanlah dengan baik media sosial sebagai tempat promosi untuk blog sobat.

4. Forum
Di internet banyak sekali forum-forum yang berisi orang-orang yang memiliki hobi atau minat tertentu. Gabunglah ke dalam forum-forum tersebut yang sesuai dengan topik blog sobat.

Pada intinya adalah aktiflah dimana pembaca sobat sering menghabisakan waktunya. Sobat bisa berdikusi dengan mereka sesuai dengan topik yang sobat minati dan sesekali mempromosikan blog sobat. Yang terpenting jangan melakukan promosi secara berlebihan karena beberapa forum memiliki peraturan yang ketat.

5. Social bookmarking
Social Bookmarking adalah situs yang fungsinya untuk membookmark halaman-halaman yang ada di internet secara online. Banyak blogger-blogger yang menggunakan situs social bookmarking sebagai tempat untuk mendatangkan pengunjung dan juga mencari backlink.

Salah satu situs social bookmarking yang paling populer di Indonesia adalah lintas.me. Sobat bisa mensubmit postingan blog sobat ke social bookmarking tersebut.

6. Tetap Belajar
Tetaplah belajar untuk meningkatkan kemampuan ngeblog sobat. Manfaatkanlah Google sebagai tempat mencari informasi yang sobat butuhkan.

Gabunglah ke forum-forum seperti ads.id karena banyak tips-tips yang bermanfaat di sana.

Menghasilkan uang dari blog

Jika blog sobat sudah besar, sudah memiliki banyak pembaca, maka tidak ada salahnya untuk memulai menjadikan blog sobat sebagai mesin penghasil uang.

Emang bisa bro??? gak percaya gue..

Beneran bisa bro. Bahkan penghasilan dari blog juga bisa luar biasa gede bro.

Asal kita mau konsisten ngeblog, mendapatkan penghasilan dari blog bukanlah hal yang tidak mungkin meskipun hanya bermodalkan platform blog gratisan.

Linda Ikeji yang merupakan seorang blogger dari Nigeria adalah contoh sederhana yang sukses medapatkan penghasilan cukup besar dari blog gratisan dengan bermodalkan konsistensi.

Penghasilan blogger yang satu ini mencapai 300Juta/bulan hanya dari satu blognya yang berlamat di http://lindaikeji.blogspot.com. Untuk informasi lebih lanjut tentang blogger sukses ini sobat bisa membacanya disini.

Linda Ikeji, Blogger Sukses dari Nigeria

Apakah Linda Ikeji ini adalah blogger dengan penghasilan paling besar di dunia?

Ya jelas bukan bro.. kalo sobat ingin tahu siapa blogger yang memiliki penghasilan paling tinggi, maka jawabannya adalah Arianna Huffington.

Pemilik blog The Huffington Post ini memiliki penghasilan mencapai 8 Miliar setiap bulannya. WOW!


Yang dari Indonesia mana Brooo?

Untuk blogger-blogger indonesia yang sudah sukses dari blog sebenernya sangat banyak sekali. Tapi sebagai contoh yang pas sobat bisa menengok Eka Lesmana, seorang mantan tukang Angon Bebek ini sukses berpenghasilan ratusan juta rupiah hanya dari blog.

Silakan bisa simak video di bawah ini untuk mendengarkan kisah dari orangnya langsung yang juga seorang tamatan SMP seperti saya.

Baka aja disini.

Saya sendiri juga sudah merasakan yang namanya mendapatkan penghasilan dari blog. Mesikpun penghasilannya tidak sebesar Eka Lesmana, Linda Ikeji, apalagi Arianna Huffington, tapi gak ada salahnya punya mimpi bisa seperti mereka.

Nah sekarang yang menjadi pertanyaan adalah… GIMANA CARANYA BRO….??

Banyak sekali cara untuk menghasilkan uang dari blog. Berikut adalah beberapa cara yang paling populer untuk menghasilkan uang dari blog :

1. Jaringan Periklanan
Cara paling populer yang banyak digunakan blogger Indonesia untuk menghasilkan uang dari blog adalah dengan mengikuti program jaringan periklanan atau Advertising Networks.

Dengan mengikuti program seperti ini kita hanya perlu meletakan sebuah script atau kode ke dalam blog kita untuk menampilkan iklan secara otomatis.

Kita akan dibayar setiap kali ada orang yang mengeklik iklan di blog kita, atau bahasa kerennya PPC alias Pay Per Click.

Berikut ini adalah beberapa Advertising Networks yang paling populer :

Google AdSense (Baca: Cara Daftar Google AdSense)
Media.net
Chitika
IdBlogNetwork (lokal)
Kliksaya (lokal)
dan masih banyak lagi
2. Jual Ruang Iklan di Blog
Selain melalui Advertising Networks, kita juga bisa menawarkan ruang iklan di blog kita secara langsung kepada siapa saja yang tertarik untuk beriklan di blog kita.

Kelebihan cara ini adalah penghasilan yang kita dapatkan akan lebih pasti, karena kita sendiri yang akan menentukan harganya.

3. Jual Produk Sendiri
Salah satu cara yang sedang saya lakukan sendiri di blog ini, yaitu menjual produk sendiri. Jika sobat mempunyai produk sendiri, entah itu berupa produk fisik atau digital, akan sangat mantab jika sobat menjualnya melalui blog.

4. Jual Jasa
Menjual jasa juga bisa menjadi alternatif lain untuk menghasilkan uang dari blog. Jika sobat jago menulis, maka bisa mencoba menjual jasa penulisan artikel. Jika sobat jago desain, maka bisa juga menjual jasa desain. Dan masih banyak lagi jasa-jasa yang bisa sobat tawarkan melalui blog.

5. Ikut Program Afiliasi
Jika sobat ingin menjual produk di blog sendiri tapi tidak memiliki produk yang bisa dijual, maka sobat bisa mencoba mengikuti program afiliasi.

Afiliasi adalah program dimana kita membantu memasarkan produk milik orang lain dan kita akan mendapatkan komisi setiap adanya penjualan.

6. Dan masih banyak lagi..
5 cara di atas hanyalah sebagian kecil saja yang bisa kita lakukan untuk menghasilakan uang dari blog. Masih banyak metode-metode lain yang nggak kalah bagus untuk menghasilkan uang dari blog.

Untuk penjelasan yang lebih jauh sobat bisa baca postingan saya tentang cara menghasilkan uang dari blog.

Kesimpulan

Belajar ngeblog sebenarnya bukanlah sebuah hal yang sulit selama kita punya kemauan. Kesalahan atau kegagalan adalah hal yang wajar dalam proses belajar, jadi tidak perlu khawatir jika mungkin saat ini sobat belum bisa melihat hasilnya. Yang terpenting tetap konsisten.

Tidak terasa ternyata postingan ini sudah lumayan panjang. Mudah-mudahan apa yang saya tulis di atas bisa memberi manfaat bagi sobat semua, khusunya bagi yang ingin memulai belajar ngeblog.

Terima kasih.

No comments:
Write komentar