Inilah Cara Menghasilkan Uang dari Blog untuk Pemula

Apakah sobat ingin tahu cara menghasilkan uang dari blog?

Atau sudah tahu caranya tapi masih bingung darimana harus memulai?

Atau mungkin sudah mencobanya tapi belum juga membuahkan hasil?

Jika IYA, maka postingan ini adalah postingan yang tepat untuk dibaca sambil ditemani segelas kopi hangat.

Topik ini memang sudah banyak yang bahas, tapi di sini saya ingin mencoba memberikan penjelasan yang lebih dalam dengan harapan bisa lebih mudah dipahami oleh blogger pemula.

Sudah siapkah menjadi blogger sukses?

Silakan dilanjut…

Emang bisa menghasilkan uang dari blog?

Menghasilkan uang dari blog atau bahasa kerennya monetisasi blog merupakan hal yang sudah umum di kalangan blogger. Sudah banyak blogger-blogger Indonesia yang terbukti sukses dari blog.

Saya rasa sobat sudah tahu akan hal tersebut dan itulah alasannya kenapa sobat membaca postingan ini. Sobat ingin bisa mengikuti jejak blogger-blogger yang sudah lebih dulu sukses.

Apakah mungkin?

Tidak ada yang tidak mungkin. Semua orang bisa sukses dari blog. Tidak peduli siapa sobat, apakah seorang pelajar, pengangguran, muda, tua, cewek, cowok. Asalkan bisa mengakses internet dan bisa menulis maka sukses dari blog tinggal masalah mau atau tidak mau.

Tapi… ada tapinya…

Menghasilkan uang dari blog bukan cara cepat kaya

Saya yakin sobat sudah sering denger kisah seorang blogger yang dapet gajian puluhan juta sampai ratusan juta perbulan hanya dari blog.

Mungkin sobat menganggap blogger-blogger tersebut kerjanya cuma duduk di depan layar monitor terus uang datang dengan sendirinya.

Memang bener perkerjaan seorang blogger itu cuma duduk di depan layar monitor, tapi uang yang mereka dapatkan nggak datang dengan sendirinya, melainkan hasil dari kerja kerasnya selama bertahun-tahun.

Saya sendiri baru bisa menghasilkan uang setelah dua tahun ngeblog. Waktu yang cukup lama karena saya belajar benar-benar dari nol.

Sobat tentunya nggak perlu nunggu sampai dua tahun supaya bisa ngasilin duit seperti saya. Satu tahun atau beberapa bulan saja menurut saya sudah bisa membuahkan hasil asal serius dan mau bekerja keras.

Yang pasti nggak ada ceritanya baru belajar ngeblog terus besoknya langsung kaya raya.

Hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum menghasilkan uang dari blog

Sebelum sobat memutuskan untuk memulai menghasilkan uang dari blog, ada beberapa hal penting yang harus sobat persiapkan terlebih dahulu. Tanpa mempersiapkan hal-hal berikut ini, apa yang akan sobat lakukan kedepannya tidak akan optimal.

1. Niat yang mantab
Yang paling utama adalah niat. Jika dari awal sudah nggak niat dan hanya setengah-setengah maka hasilnya sudah pasti juga akan setengah-setengah.

Niatlah dengan hati yang mantab jika sobat ingin menghasilkan uang dari blog. Dan yakinlah jika sobat mampu untuk melakukannya.

2. Waktu luang
Jika sobat seorang pengangguran seperti saya mungkin waktu tidak begitu menjadi masalah. Tapi jika sobat seorang pelajar atau mungkin punya pekerjaan offline maka sobat harus pintar dalam membagi waktu.

Ngeblog merupakan sebuah aktivitas yang sangat boros waktu. Mulai dari mempelajari hal-hal teknis tentang blog, menulis artikel, melakukan promosi, dan lain sebagainya, semuanya membutuhkan waktu yang tidak sedikit.

3. Modal uang
Membuat blog memang bisa dilakukan dengan gratis, mudah, dan nggak pake ribet. Tapi jika sobat ingin serius, maka sobat tetap membutuhkan yang namanya uang. Entah itu untuk biaya koneksi internet, membeli kopi, atau yang lainnya, yang pasti nggak ada istilah gratis tanpa modal.

4. Skill ngeblog
Banyak sekali blogger pemula yang baru bisa membuat blog, masih bingung gimana cara bikin posting, tapi sudah mulai memikirkan gimana caranya mendapat 10 juta perbulan.

Sebenernya nggak ada yang salah kalau kita ngeblog karena kepengin ngasilin duit. Tapi harus disadari bahwa semua butuh proses, tak terkecuali ngeblog.

Jika sobat masih baru belajar ngeblog, maka lebih baik pelajari dulu hal-hal dasar tentang blog sampai bisa ngeblog dengan baik dan benar. Jika sudah memiliki kemampuan ngeblog yang cukup, selanjutnya baru deh mikirin gimana cara monetisasi blog supaya bisa menghasilkan uang.

Silakan baca dulu postingan saya tentang tips ngeblog untuk pemula

Memahami jenis-jenis blog yang bisa menghasilkan uang

Fungsi blog pada awalnya hanyalah sebagai tempat untuk menulis diary online. Itulah kenapa dulu blog rata-rata isinya tentang hal-hal pribadi dari pemilik blognya.

Namun sering dengan bertambahnya usia Mas Sugeng, blog saat ini sudah memiliki banyak sekali jenis sesuai dengan fungsi dan tujuannya.

Bagi sobat yang ingin menghasilkan uang dari blog, menurut saya sangat penting untuk mengetahui dan memahami jenis-jenis blog tersebut.

Kenapa?

Karena:

Tidak semua jenis blog cocok untuk dimonetisasi
Tidak semua jenis blog bisa menggunakan strategi promosi yang sama
Tidak semua jenis blog bisa menggunakan metode monetisasi yang sama
Tidak semua jenis blog cocok untuk sobat
Jika sobat memilih jenis blog yang salah, menggunakan strategi promosi yang kurang tepat dan menggunakan metode monetisasi yang kurang pas, maka bisa dipastikan blog sobat tidak akan maksimal atau bahkan gagal di tengah jalan.

Dari sekian banyak jenis blog yang ada di internet, setidaknya ada tiga jenis blog yang paling umum digunakan untuk menghasilkan uang oleh blogger Indonesia maupun blogger luar negeri.

Berikut ini adalah tiga jenis blog tersebut:

Authority Blog
General Blog
Niche Blog

Di bawah akan saya jelaskan detail tentang ketiga jenis blog tersebut dan cara monetisasinya.

1. Cara menghasilkan uang dari Authority Blog

Authority blog atau bisa disebut juga sebagai blog otoritas adalah jenis blog yang sangat cocok untuk sobat yang memiliki keahlian atau hobi yang bisa dibagikan ke orang banyak.

Secara sederhana jenis blog ini merupakan sebuah blog yang fokus pada satu topik atau niche tertentu sesuai dengan hobi atau keahlian dari yang punya blog.

Tujuan utama dari jenis blog ini adalah manjadi sumber informasi yang terpercaya dengan memberikan konten yang berguna dan bermanfaat sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh pembaca.

Karena konten yang disajikan begitu unik, original, serta berkualitas, jenis blog ini umumnya memiliki banyak pembaca setia.

Berikut ini adalah beberapa contoh blog yang pas untuk dijadikan gambaran seperti apa sih blog otoritas itu:

omkicau.com :  Blog terkenal tentang burung

iwanbanaran.com : Blog terkenal tentang otomotif

maxmanroe.com : Blog terkenal tentang internet marketing

enigmablogger.com : Blog terkenal tentang cerita misteri

www.blogdokter.net : Blog terkenal tentang kesehatan

blogsmanado.blogspot.com : Blog lumayan keren tentang blogging

– Dan masih beberapa yang lain…

Blog otoritas di Indonesia menurut saya masih cukup jarang ditemuni, rata-rata kebanyakan hanya seputar bisnis online, blog, SEO dan yang sejenisnya. Padahal masih banyak sekali niche yang belum tersentuh. itu artinya masih banyak kesempatan buat sobat untuk memulai mengembangkan authority blog.

Apakah untuk mengelola authority blog harus fokus pada satu topik spesifik?

Menurut saya tidak harus. Sobat bisa membahas lebih dari satu topik asalkan topik tersebut masih berkaitan. Dan yang paling penting blog sobat harus memiliki satu topik utama.

Contoh sederhana adalah blog saya ini. Blog ini sebenernya lebih ke blog personal dan saya bisa menulis apa saja, tapi saya memiliki satu topik utama, yaitu blogging.

Kelebihan Authority Blog

Bisa menggunakan banyak model monetisasi, dari iklan, jual produk, jasa, afiliasi, paid review, kontes, dll.
Mampu bertahan lama dan bisa dijadikan sebagai aset jangka panjang karena ngeblog sesuai dengan hobi dan keahlian.
Tidak harus bergantung pada mesin pencari untuk mendapatkan pengunjung. Sobat bisa menggunakan motode promosi apa saja, dari media sosial, forum, atau bahkan promosi offline.
Tidak memerlukan pengunjung yang sangat banyak. Yang sobat butuhkan hanyalah pengunjung yang tertarget.
Dapat membantu orang lain dengan pengetahuan yang sobat miliki.
Kekurangan Authority Blog

Susah memilih niche/topik yang tepat, khususnya bagi yang tidak mempunyai hobi tertentu. Selain itu tidak semua niche cocok untuk dimonetisasi.
Susah dikelola sampai benar-benar besar dan menghasilkan. Butuh ketekunan, kesabaran, serta konsistensi yang tinggi.
Sobat harus mampu memberikan informasi yang benar-benar bermanfaat supaya semakin banyak pembaca setia.
Metode Monetisasi Authority Blog

Seperti yang sudah saya jelaskan sedikit di atas, untuk memonetasi authority blog bisa menggunakan berbagai macam cara. Tapi meskipun begitu sobat tetap harus mencari cara yang benar-benar efektif.

Berikut adalah beberapa metode monetisasi paling cocok untuk Authority Blog:

Menjual produk sendiri
Menjual produk sendiri merupakan sebuah pilihan utama. Alasannya karena dengan menjual produk sendiri sobat bisa mendapatkan keuntungan 3 sampai 10 kali lipat lebih besar ketimbang menggunakan metode monetisasi yang lain.

Cara ini tentu saja bukan hal yang mudah. Sobat harus memiliki produk sendiri yang bisa dijual. Tapi jika sobat belum memiliki produk sendiri, sobat masih bisa menggunakan metode monetisasi yang lain.

Menawarkan jasa
Menawarkan jasa melalui blog adalah alternatif lain yang bisa dipilih. Salah satu contoh blog yang cukup sukses dengan menawarkan jasa adalah dzofar.com.

dzofar.com adalah sebuah blog personal yang di dalamnya berisi tutorial-tutorial tentang menggambar vector dan admin blog tersebut menggunakan blognya sebagai tempat mempromosikan jasa menggambar vector miliknya.

Menjual produk orang lain (Afiliasi)
Bagi sobat yang belum punya produk sendiri atau belum punya keahlian yang bisa dijadikan jasa, mengikuti program Afiliasi bisa menjadi pilihan tepat.

Afiliasi adalah sebuah program dimana kita membantu mempromosikan produk milik orang lain dan kita akan mendapatkan komisi jika kita berhasil menjual produk tersebut.

Memasang iklan PPC 
Ini merupakan metode monetisasi paling umum untuk semua jenis blog, yaitu dengan memasang iklan PPC atau Pay Per Click.

AdSense merupakan layanan iklan PPC yang paling populer karena bayarannya yang cukup tinggi.

Tapi selain AdSense masih banyak lagi teman-temannya seperti, Media.net, Chitika, Kliksaya, IdBlogNetwork, dll.

Jangan lupa baca: Cara Daftar Google AdSense Agar Mudah Diterima.

Menawarkan ruang iklan mandiri
Jangan salah paham. Maksud dari iklan mandiri di sini bukan memasang iklan bank mandiri, tapi maksudnya sobat menawarkan ruang iklan di blog secara langsung kepada calon pemasang iklan.
2. Cara menghasilkan uang dari General Blog

Yang kedua adalah yang paling umum ditemukan di Indonesia, yaitu general blog, sebuah blog yang memiliki topik bahasan yang lebih luas. Banyak blogger yang lebih suka menyebut jenis blog ini sebagai blog berita atau blog gado-gado.

Alasan kenapa blog ini lebih banyak digemari adalah karena untuk mengelola blog ini sobat tidak perlu pusing-pusing memilih topik blog. Sobat bisa menulis apa saja yang sobat mau.

Nah bagi sobat yang tidak mempunyai keahlian, hobi, atau minat yang bisa dijadikan topik blog, maka mengelola general blog merupakan salah satu opsi yang bisa dipilih.

Meskipun secara pribadi saya kurang menyukai jenis blog ini, tapi sebenernya jika dikelola dengan serius, jenis blog ini juga bisa menghasilkan uang yang lumayan.

Kelebihan General Blog

Ide posting tidak terbatas. Sobat bisa menulis apa saja yang sobat mau. Dari berita, informasi, tips, tutorial, apa saja pokoknya oke.
Sobat tidak perlu membutuhkan waktu yang lama sampai bisa memonetisasi blog sobat. Selama blog sobat sudah memiliki pengunjung maka sobat bisa langsung memonetisasinya.
Kekurangan Genaral Blog

Memiliki metode monetisasi yang terbatas karena tidak semua metode monetisasi cocok untuk jenis blog ini.
Penghasilan sangat bergantung dengan jumlah trafik. Sobat membutuhkan trafik puluhan ribu sampai ratusan ribu jika ingin melihat hasil yang lumayan
Harus rajin posting, karena semakin banyak posting = semakin banyak pengunjung
Cenderung tidak mampu bertahan lama
Sumber trafiknya begitu bergantung pada mesin pencari.
Metode Monetisasi Genaral Blog

Metode monetisasi paling umum untuk jenis blog yang satu ini adalah dengan memasang iklan. Tapi iklan sendiri memiliki beberapa jenis.

Berikut adalah jenis-jenis iklan tersebut:

Iklan PPC
Iklan PPC sesuai yang sudah dijelaskan di atas.
Iklan CPM
Berbeda dengan iklan PPC, iklan CPM (Cost Per Million) dibayar setiap blog sobat mendapatkan 1000  kunjungan. Artinya pengunjung tidak harus mengklik iklan.
Iklan Mandiri
Iklan Mandiri sesuai yang sudah dijelaskan di atas.
3. Cara menghasilkan uang dari Niche Blog

Jenis blog yang terakhir bisa dibilang hampir sama seperti authority blog, yaitu fokus pada satu topik atau niche tertentu.

Yang membedakan niche blog dengan authority blog adalah, jenis blog ini umumnya dibuat oleh orang yang tidak benar-benar ahli dalam topik blog yang mereka pilih karena tujuan utamanya adalah murni untuk menghasilkan uang.

Jangan heran jika blog seperti ini rata-rata memiliki konten yang kurang berkualitas karena biasanya isi kontennya hasil menulis ulang atau hasil menyewa jasa penulis artikel.

Mungkin sobat pernah mendengar kisah seorang blogger yang mengelola puluhan sampai ratusan blog? Nah, jenis blog inilah yang biasanya mereka kelola.

Jika satu niche blog menghasilkan $100/bulan, maka jika ada 100 blog penghasilannya menjadi $10.000/bulan atau seratus juta lebih perbulan.

Apakah seenak itu, bro?

Jujur secara pribadi saya kurang tahu enak apa kagak karena saya tidak memiliki banyak pengalaman tentang niche blog. Tapi sejauh yang saya ketahui, berikut ini adalah beberapa kelebihan serta kekurangan mengelola niche blog:

Kelebihan Niche Blog

Nggak perlu ahli dengan topik yang dibahas, tinggal sewa jasa penulis artikel urusan beres.
Karena topiknya spesifik jadi tidak perlu mempublish banyak artikel.
Lebih gampang dijual
DLL.
Kekurangan Niche Blog

Ribet karena harus mengelola banyak blog.
Butuh modal yang tidak sedikit, dari biaya domain, hosting, jasa penulis, DLL.
Sulit mencari niche yang bagus
DLL.
Metode Monetisasi Niche Blog

Sejauh yang saya tahu, berikut ini adalah beberapa metode monetisasi yang sering digunakan untuk jenis blog ini:

Iklan PPC dari AdSense
Program Afiliasi Amazon, Clickbank, dll.
Dengan menjual blognya
DLL.
Bagi sobat yang penasaran silakan bisa coba cek beberapa thread dari forum ads.id seputar niche blog:

1. http://ads.id/forums/showthread.php/156697-Tips-Mengelola-15-Blog-Untuk-Raih-Ribuan-Dollar

2. http://ads.id/forums/showthread.php/122405-TIPS-and-TRICKS-MENGELOLA-600-BLOG

Penutup…

Banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk menghasilkan uang dari blog. Semua metode-metode yang sudah saya tulis di atas adalah metode yang sudah terbukti.

Dan percaya atau tidak, selain yang sudah saya tulis di atas, masih banyak cara-cara lain yang bisa dilakukan, dari cara yang bener sampai cara yang nggak bener.

Bagi sobat yang baru belajar ngeblog, saya yakin informasi yang sudah saya berikan di atas malah bikin bingung karena terlalu banyak yang bisa dipilih.

Terus gimana?

Saran saya, jika memang sobat baru belajar ngeblog, maka jangan jadikan uang sebagai fokus utama. Soalnya saya yakin nggak butuh waktu lama sobat bakalan memutuskan untuk berhenti ngeblog.

Kalau boleh jujur ngeblog itu nggak gampang. Dan seperti yang sudah saya singgung sedikit di atas, ngeblog bukan cara cepat kaya.

Jika dari awal sobat sudah menganggap menghasilkan uang dari blog seperti membalikan telapak tangan, maka tinggal lihat aja hasilnya kayak gimana.

Jadi untuk di awal-awal akan lebih baik jika difokuskan untuk belajar ngeblog dulu. Meskipun nggak menghasikan apa-apa, ngeblog masih memiliki banyak manfaat lain. Dari meningkatkan kemampuan menulis, jadi lebih melek teknologi, dan yang paling penting bisa membantu orang lain melalui tulisan yang kita buat.

No comments:
Write komentar