Cara Memasang Widget atau Gadget di Blog atau Website Cara Memasang Widget atau Gadget di Blog atau Website - Blog Manado - Tutorial Web Design

Cara Memasang Widget atau Gadget di Blog atau Website

Cara Memasang Widget atau Gadget di Blog atau Website
Share
Cara Memasang Widget atau Gadget di Blog atau Website - Widget dalam istilah internet adalah merupakan kode portabel yang dipasang pada suatu halaman web dan memiliki fungsi tertentu yang menjadi bagian dari suatu halaman web tersebut. Pada umumnya widget biasa disebut juga dengan gadget, badge, modul, dan lain-lain.

Lalu, bila melihat judul posting saya kali ini menganai, maka widget yang saya bicarakan disini adalah widget yang ada pada blog. Guna widget pada blog biasanya untk membuat blog menjadi lebih menarik dan juga menjadi lebih interaktif sehingga membuat pengunjung jadi lebih nyaman dalam menjelajahi blog anda. Banyak contoh widget yang biasanya dipasang oleh blogger di blognya seperti widget jam, facebook like box, google plus follower, jam , popular post , chatbox.

Sepertinya sudah cukup jelas mengenai apa itu widget, sekarang saya akan menjelaskan tahapan-tahapannya.
Cara Memasang Widget Di Blog

1. Silahkan anda ketikan www.blogger.com di browser dan log in terlebih dahulu ke akun blogger anda.
2. Setelah masuk ke halaman dashboard blogger, klik menu dropdown di sebelah kanan layar kemudian pilih Tata Letak. (Perhatikan gambar !)

Cara Memasang Widget Di Blogspot

3. Anda akan masuk ke halaman Tata Letak, disana anda tinggal mengklik tulisan"Tambah Gadget" untuk menambahkan widget yang anda inginkan. Perlu anda perhatikan, letak widget yang akan anda buat dapat anda atur sesuai keinginan. Baik berada di bagian header, side bar dan footer blog anda. (Perhatikan Gambar Berikut ! )

Cara Memasang Widget atau Gadget Di Blogspot

Widget yang anda tambahkan dapatlah berupa lencana google plus, google plus follower, google plus one, entri populer, rss feed, arsip blog, html/java script, about me, dan masih banyak lainnya. 

Cara Memasang Widget atau Gadget Di Blogspot

4. Bila anda sudah menentukan widget mana yang akan anda tambahkan ke blog anda, jangan lupa untuk menyimpannya dengan cara klik "Simpan Setelan" disebelah kanan atas.

Dengan begitu maka anda sudah berhasil menambahkan widget baru ke dalam blog anda. Silahkan berkreasi  sesuka anda dengan menggunakan fitur widget dari blogspot. Tapi bila blog anda dibuat guna mencari trafik dan anda berniat untuk mengoptimalkan SEO blog tersebut, usahakanlah gunakan widget yang memang dikira perlu seperti popular post, google plus follower, lencana google, arsip blog, about me, dan suscribe via e-mail. Karena dengan anda menambahkan widget terlalu banyak kepada blog anda, maka dapat berpengaruh terhadap kecepatan loading anda yang nantinya akan berdampak pada masalah indeks halaman.

Berikut di atas adalah tips saya kali ini mengenai Cara Memasang Widget atau Gadget di Blog atau Website. Nantikan update saya berikutnya dan jangan lupa follow saya di google plus :) 

0 Response

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel